Hotel Danau Dariza Garut : Seperti Menginap di Negeri Dongeng


Menentukan tempat untuk berlibur terkadang membingungkan, nominasi tempat-tempat yang sudah didata semuanya menarik untuk dikunjungi. Pada akhirnya kembali lagi ke skala prioritas, tema liburan kali ini adalah back to nature, kembali ke alam. Akhirnya kami memutuskan untuk pergi berlibur ke Garut setelah sebelumnya menginap di Bandung. Jarak tempuh dari Kota Bandung ke Garut sekitar 65 KM atau memerlukan waktu satu jam jika tidak macet tapi pada kenyataannya kami menghabiskan waktu dua jam untuk perjalanan, mungkin sudah mulai liburan sekolah jadi banyak sekali kendaraan menuju Garut. Hati bahagia ketika sudah melihat gapura Selamat Datang di Kabupaten Garut, artinya kami sudah memasuki wilayah Garut.


Laju padatnya kendaraan tidak membuat bosan karena cukup terbayar dengan menikmati hijaunya pemandangan dan cerahnya cuaca pagi itu. Pegunungan yang indah, hamparan sawah yang luas semakin membuat kami terpesona akan indahnya Garut. 


Menggunakan Google Maps selama perjalanan adalah cara ampuh supaya tidak tersesat dan pastinya tidak perlu berhenti selama berkendara hanya untuk bertanya, intinya menghemat waktu dan energi. Akhirnya tibalah kami di hotel yang sudah kami pesan sebelumnya di situs online. Woooowww...... betapa takjubnya, aslinya lebih indah dari gambar yang kami lihat di internet. Hotel Danau Dariza yang beralamat di Jl. Raya Cipanas No.44/45, Cimanganten, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut Jawa Barat adalah tempat yang akan kami jelajah di liburan ini.


Kami tiba sekitar jam 11 siang dengan cuaca sangat mendung dan rintik-rintik hujan sudah mulai menghiasi pemandangan hotel. Langsung saja kami menuju front office untuk check in, resepsionis yang menyambut kami sangat ramah. Kami benar-benar menikmati suasana etnik Toraja yang disuguhkan di area depan. Jadi jatuh cinta pada pandangan pertama deh, hehheheee..... Gak nyesel menjatuhkan pilihan untuk menginap di hotel ini.


Tidak lama kemudian seorang petugas mengantarkan kami menuju kamar tipe Kasepuhan Sunda sesuai yang kami pesan. Keramahan para pekerja hotel membuat kami semakin nyaman menikmati liburan ini. Mereka siap membantu apapun yang kami butuhkan, termasuk mengangkat barang-barang bawaan kami dari area parkir. Alasan memilih rumah adat Kasepuhan Sunda karena kami adalah orang sunda yang sangat mencintai budaya sunda. Yuk kita intip penampakan kamar tempat kami menginap.





Tidak ada Air Conditioner (AC) di kamar tempat kami menginap, cukup kipas angin yang menempel di atap kamar. Mungkin karena lokasi hotel yang berada di kaki gunung sudah cukup membuat sejuk. Kamar yang kami pesan memang double bed untuk dua orang dewasa, tapi dipakai untuk dua orang dewasa dan dua anak-anak masih terasa nyaman dan pastinya pada saat kami tes posisi tidur, semua tampak menikmati kamar tipe Kasepuhan Sunda di Hotel Danau Dariza. Ada satu hal lagi yang semakin menambah indahnya pemandangan, tepat di depan kamar kami adalah tipe rumah Gadang, aaahhhhh pokoknya Garut rasa Padang deh jadinya. Bangunannya unik juga eksotis.


Barang-barang sudah ada di dalam kamar dan pastinya tujuan kami selanjutnya adalah kolam renang, yeeeeeaaaa...... senangnya anak-anak disuguhi wahana air yang ada water boom juga, uniknya selain kolam renang air dingin, ada juga kolam renang air hangat yang bersumber langsung dari mata air panas, ya namanya juga lokasi di wilayah Cipanas sudah pasti ada sumber mata air panas. Pokoknya gak rugi deh menginap disini, banyak fasilitas gratisnya. 



Setelah berenang yang terasa adalah lapar, hehehheee.... Untungnya tidak jauh dari kolam renang ada Cafe yang menawarkan beraneka menu, tinggal pilih yang disuka dan bayar deh.... Sungguh liburan yang indah untuk kami sekeluarga.


Malampun tiba, lampu-lampu mulai dinyalakan, betapa romantisnya suasana di Danau Dariza, hening, tidak ada kegaduhan dari penghuni kamar hotel yang lain, yang ada adalah suara jangkrik dan semilir angin menghiasi indahnya malam. Kami merasakan kedamaian di tempat ini.



Bangun pagi adalah kebiasaan kami. Setelah memenuhi kewajiban kami terhadap Sang Maha Pencipta, kami berpetualang mengelilingi Danau Dariza, ya.... itung-itung jogging lah,,, hehheheee.... Selain Tipe Rumah Kasepuhan sunda dan Gadang ada beberapa tipe rumah adat lainnya yaitu Rumah Bali, Batak juga Rumah Sao Ato Mosa Lakitana yaitu rumah adat NTT.




Pagi kami begitu indah, suasana masih tampak sepi, mungkin para tamu hotel yang lain masih menikmati tidurnya menghilangkan lelah, menikmati suasana. Fasilitas gratis yang kami dapatkan adalah bermain flying fox. Benar-benar wisata alam yang menggairahkan, membuat kami malas beranjak dari hotel karena segala fasilitas bisa didapat disini termasuk sarapan gratis.




Bermain sampan saat danau belum ramai sangat mengasikan, kami memutari area rumah-rumah adat sambil bermain sampan. Kami juga memutari danau menggunakan bebek goes semuanya gratis, hanya perlu memperlihatkan tiketnya saja kepada petugas.



Harga sewa setiap tipe rumah adat tentu saja berbeda karena ukuran dan fasilitas yang disajikanpun berbeda juga. Alangkah lebih baiknya jika berencana untuk menginap di hotel ini pesan kamar terlebih dahulu karena banyak sekali peminat untuk menginap di hotel ini. Memesan kamar dari situs online akan lebih mudah, jika sedang beruntung akan mendapatkan diskon. Berikut adalah harga sewa kamar per malam yang ada di Hotel Danau Dariza :
Tipe kamar:
1. Sunda & 2. Gadang
    Senin s.d Kamis Rp. 790.000
    Jum'at Rp. 890.000
    Sabtu Rp. 990.000
    Hari Libur Rp. 1.800.000
    Kapsitas untuk 2 orang
3. Batak
    Senin s.d Kamis Rp. 819.000
    Jum'at Rp. 919.000
    Sabtu Rp. 1.019.000
    Hari Libur Rp. 1.999.000
    Kapsitas untuk 2 orang
4. Bali
    Senin s.d Kamis Rp. 1.799.000
    Jum'at Rp. 2.049.000
    Sabtu Rp. 2.299.000
    Hari Libur Rp. 3.699.000
    Kapsitas untuk 4 orang
5. NTT
    Senin s.d Kamis Rp. 2.199.000
    Jum'at Rp. 2.599.000
    Sabtu Rp. 2.999.000
    Hari Libur Rp. 3.999.000
    Kapsitas untuk 4 orang

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di gambar berikut:

Bagi kami pengalaman menginap di Hotel Danau Dariza seperti menginap di negeri dongeng. Kami tidur di kamar di atas danau, bermain sampan, berendam air hangat, menikmati indahnya pemandangan, yang kami inginkan kami dapatkan disini. Liburan yang menyenangkan. Pastinya liburan membawa anak-anak ya cocoknya disini. Kenang-kenangan dari hotel ini kami dapat sandal, hehheheee..... 


Itulah pengalaman kami menginap di Hotel Danau Dariza Garut. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Semoga bermanfaat.
    

















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hotel Danau Dariza Garut : Seperti Menginap di Negeri Dongeng"

Posting Komentar