Modal 2 Juta Rupiah Bisa Jalan-Jalan ke Malaysia 4 Hari, Mari Buktikan!


Hai sobat traveler yang sedang berencana liburan ke Malaysia dengan dana terbatas, saya akan berbagi pengalaman nih tentang bagaimana bisa jalan-jalan murah meriah dan menyenangkan. Gak usah ragu ya sob, selama memiliki niat kuat untuk menikmati belahan bumi yang lainnya, kalian pasti bisa menemukan jalannya. Jika ini adalah perjalanan pertama sobat ke Malaysia, dalam rangka menghemat biaya, ada baiknya sobat tidak berangkat sendirian, bertiga lebih baik karena selain sobat ada teman untuk berdiskusi juga sobat tentunya akan menghemat biaya pengeluaran kalian. 

Kondisi Malaysia tidak beda jauh dengan negara kita, Indonesia tercinta. Terutama adalah bahasa, di Malaysia masih banyak yang menggunakan bahasa Melayu untuk berbicara walaupun tidak seratus persen sama bahasanya tapi ada yang mirip, saya yakin sobat akan lebih mudah memahaminya. Bahasa Inggris adalah bahasa yang sering digunakan selain bahasa Melayu, jika sobat sudah menguasai bahasa Inggris itu lebih baik, sobat tidak akan mengalami masalah dalam berkomunikasi. So, daripada paspor sobat gak pernah dipakai, digunakan untuk berangkat ke Malaysia, yuk!

Kembali ke tema, bener gak sih modal 2 juta rupiah bisa jalan-jalan ke Malaysia 4 hari, mari buktikan!

1. Biaya Tiket Pesawat
Rencanakanlah untuk berlibur ke Malaysia jauh-jauh hari. Sering-seringlah membuka situs penjualan tiket pesawat online. Jika beruntung, sobat akan mendapatkan tiket pesawat murah. Berdasarkan pengamatan saya terhadap beberapa maskapai penerbangan yang terkenal Low Cost Airline (Air Asia, Jetstar, Lion), sobat bisa mendapatkan tiket ke Malaysia mulai dari Rp.150.000 tapi itu jarang-jarang. Seringnya harga tiket murah mulai dari Rp.350.000. Jadi, sobat cukup menghabiskan uang sekitar Rp.700.000 untuk perjalan pulang pergi dari Bandara Soekarno Hatta ke KLIA 2 dan dari KLIA 2 ke Soekarno Hatta. O iya sob, ada dua bandara besar di Kuala Lumpur yang pertama adalah KLIA 1 dan KLIA 2 yang jaraknya berdekatan. Bagi sobat yang menggunakan pesawat Low Cost Airline (pesawat dengan biaya murah) akan mendarat di KLIA 2, dari KLIA 2 sobat bisa melanjutkan perjalanan menggunakan KLIA Express (Kereta Cepat) atau Taksi.

2. Biaya Hotel dan Taksi 
Berdasarkan pengalaman saya mengunjungi negeri jiran, saya bisa menyimpulkan berangkat bertiga bisa lebih murah karena ini sangat berhubungan dengan biaya hotel yang akan sobat bayar. Sekedar saran, jika sobat akan mengunjungi kota Kuala Lumpur, sebaiknya sobat menginap di sekitar Bukit Bintang karena di sekitar Bukit Bintang, banyak sekali tempat yang bisa sobat kunjungi juga halte Bus GO KL, Stasiun MRT, LRT akan dengan mudah sobat temukan. Perlu diketahui juga, Bukit Bintang adalah pusat berkumpulnya para wisatawan di Malaysia.

Sebelum pesan ini dan itu kita lihat dulu nilai tukar rupiah terhadap ringgit yaitu RM 1 = Rp.3.355,95 (per tanggal 17 Januari 2018) atau jika kalian menukar uang di money changer bisa jadi 1 RM setara dengan Rp.3.400,00. Mari kita berhitung biaya hotel, di Kuala Lumpur banyak sekali hotel-hotel yang ditawarkan mulai dari harga Rp.200.000, harga sewa hotel disesuaikan dengan fasilitas yang diberikan. Seperti contoh jika sobat akan menginap di daerah Bukit Bintang, sobat bisa mendapatkan harga hotel dengan harga RM 88, kalau dirupiahkan sekitar Rp. 300.000 per malam. Artinya jika sobat berangkat bertiga, sobat bisa membagi tiga biaya hotel selama 3 malam, atau jika sobat ingin dapatkan hotel dengan fasilitas sudah termasuk sarapan, ada yang harganya sekitar RM 100 per malam. 

Transportasi yang bisa sobat gunakan dari KLIA, jika sobat pergi bertiga, saya sarankan sobat untuk naik taksi saja daripada naik kereta cepat (KLIA Express), selain harganya menjadi murah setelah dibagi tiga, sobat juga akan langsung sampai pada tujuan, maklum terkadang di tempat yang baru dikunjungi kita suka kebingungan maka taksi adalah alternatif terbaik. Sebelum naik taksi, sobat bisa tanya-tanya dulu dan membuat persetuan harga dengan sopirnya, takutnya malah sobat disuruh bayar lebih mahal dari harga standar. Ongkos taksi dari bandara ke Bukit Bintang sekitar RM 100 atau sekitar 340.000, jika dibagi tiga maka setiap orang akan kebagian sekitar Rp.113.000 tapi jika sobat berangkat sendiri, KLIA Express adalah alternatif terbaik. Ongkos yang sobat harus keluarkan untuk naik KLIA Express ke KL Sentral adalah adalah RM 55 atau sekitar Rp.187.000. Dari KL Sentral, sobat masih harus menggunakan LRT ke Bukit Bintang, tidak mahal sih ongkosnya hanya sekitar RM1.2 tapi bagi pemula ini akan cukup melelahkan karena sobat harus banyak berjalan kaki menuju tempat tujuan.

3. Gunakan BUS GO KL
Sebenarnya banyak sekali transportasi yang bisa sobat gunakan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di dalam kota Kuala Lumpur, tapi jika sobat ingin menghemat, sobat bisa gunakan BUS GO KL, selain gratis ongkos, sobat juga bisa menikmati fasilitas internet (Wi-Fi) sepuasnya gratis.

(Halte Bus GOKL di Pasar Seni)

4. Gunakan LRT, MRT dan KTM
JIka tempat tujuan wisata sobat tidak dilalui BUS GO KL, ada transportasi alternatif yang bisa sobat gunakan, yang pertama yaitu LRT (Light Rail Transit), sistem kereta api ini ada di perkotaan yang konstruksinya ringan dan berjalan dengan lalu lintas kereta yang lain. LRT dioperasikan dengan sistem komputer.

Selanjutnya adalah MRT (Mass Rapid Transit) adalah sistem transportasi massal dan transit cepat yang merupakan transportasi berbasis rel listrik yang efektif dan nyaman.

KTM adalah nama kereta di Malaysia. Jika sobat berkunjung ke Malaysia, dicoba saja ya transportasi ini. Keretanya bersih dan pastinya sobat tidak boleh makan selama perjalanan menggunakan KTM.

Stesen Bukit Bintang

(KL Monorail)

5. Kunjungi Tempat Wisata Gratis
Liburan tidak selalu harus banyak mengeluarkan uang. Jika sobat mau berhemat, sobat bisa mengunjungi tempat wisata tanpa membayar tiket masuk. Di Malaysia, sobat bisa mengunjungi tempat wisata gratis, yaitu:
1. Petronas Twin Towers - KLCC
2. Menara KL
3. Bukit Bintang
4. Mesjid Jamek
5. Dataran Merdeka KL City Gallery
6. Masjid Negara
7. Taman Tasik
8. Kuil Srimahamariamman
9. Kuil Batu Caves
10. Brickfield
11. Jalan Alor
12. Masjid Nagara
13. Stesen Kuala Lumpur
14. Pasar Seni
15. China Town

Petronas Twin Towers

Air Mancur Menari di Suria KLCC

Batu Caves

6. Biaya Makan
Untuk biaya makan relatif ya, tergantung jenis makanan yang sobat pilih. Jika sobat mau berhemat, sobat bisa menemukan harga murah. Untuk nasi lemak komplit, sobat bisa dapatkan mulai dari harga sekitar RM 6 (Rp.20.000) .Sebagai referensi, di sekitar daerah Bukit Bintang ada restoran milik orang Banglades, menu yang disajikan beraneka macam dan pastinya halal. Saya pernah mencoba makan nasi lemak plus telor ceplok hanya RM 2 atau sekitar Rp.7.000, murah bukan?

Rumah Makan Mamak 
(tampak dari luar)

Rumah Makan Mamak Bukit Bintang

Setelah menganalisa biaya-biaya di atas, kita bisa membuat estimasi biaya liburan ke Kuala Lumpur Malaysia selama 4 Hari 3 Malam, yaitu:
1. Tiket pesawat PP Rp.700.000
2. Hotel per malam setelah dibagi 3 menjadi Rp.350.000/ 3 malam
3. Ongkos taksi dari KLIA2 ke hotel PP Rp.200.000
3. Makan Rp.60.000/hari x 4 hari yaitu Rp.240.000
4. Ongkos naik MRT atau LRT untuk menuju tempat wisata sekitar Rp.150.000
5. Lain-lain (ongkos sobat dari rumah ke bandara, oleh-oleh, kebutuhan lainnya) Rp.360.000
JUMLAH TOTAL Rp.2.000.000

So, tunggu apalagi, yuk rencanakan liburan sobat dari sekarang dan temukan harga-harga promo dari situs penjualan tiket pesawat online dan biaya menginap di hotel.
 




Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Modal 2 Juta Rupiah Bisa Jalan-Jalan ke Malaysia 4 Hari, Mari Buktikan!"

  1. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Mbah Rawa Gumpala dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk mepesugihanpuama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Mbah Rawa Gumpala bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 085-316-106-111 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar s Ini o8om
    NYemua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Mbah dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Mbah untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah disini 😃Pesugihan Putih Tanpa Tumbal😃

    BalasHapus